Sejarah MAN 11 Jakarta

 Sejarah MAN 11 Jakarta

Sebagaimana kita ketahui bahwa pada dekade 1989 di seluruh Indonesia telah dihapus semua sekolah menengah keguruan seperti Sekolah Pendidikan Guru (SPG), Sekolah Guru Olahraga (SGO) dan Pendidikan Guru Agama (PGA). Hal ini dikemukakan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai penyedia tenaga kependidikan bagi sekolah dasar tidak cukup lagi dari tamatan sekolah menengah keguruan.

Bahwa salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan agama di Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah meningkatkan kualifikasi pendidikan bagi jabatan Guru Pendidikan Agama SD/MI dari jenjang pendidikan menengah (PGA) menjadi jenjang Pendidikan Tinggi. Sehingga diterbitkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor : 64 Tahun 1990 Tanggal 25 April 1990 tentang Alih Fungsi Pendidikan Guru Agama Negeri menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN).

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 11 Lebak Bulus Cilandak Jakarta Selatan adalah satu lembaga pendidikan Negeri, yang semula merupakan kelas jauh/ filial dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Grogol Jakarta Barat. Dengan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 104 Tahun 1997 Tanggal 7 Maret 1997 diresmikan menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 11. Dengan pertimbangan bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD/MI adalah meningkatkan kualifikasi Pendidikan Menengah (PGAN) menjadi program DIPLOMA II pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Pada tahun pelajaran 1997/1998 dari sejumlah 14 Madrasah Aliyah Negeri di seluruh Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, salah satunya adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 11 Jakarta menerima peserta didik baru di kelas I (satu) sebanyak 70 peserta didik yang dibagi menjadi 2 kelas. Adapun peserta didik kelas II (dua) dan kelas III (tiga) adalah peserta didik yang berasal dari kelas jauh/filial Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Grogol Jakarta Barat.

Dalam perkembangannya di tahun pelajaran 2017-2018 di tengah persaingan dengan 21 MAN lainnya ataupun Sekolah Menengah Umum di DKI Jakarta, saat ini MAN 11 Jakarta telah memiliki 18 rombongan belajar dengan jumlah peserta didik sebanyak 636 siswa yang terbagi ke dalam peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIA), Ilmu-ilmu Sosial (IIS) dan Ilmu-ilmu Keagamaan (IIK). Dengan dibimbing oleh 35 orang guru PNS/Non PNS dan dibantu oleh 14 tenaga administrasi dan 3 tenaga security, 4 cleaning service dan 1 orang pramu kantor dan didukung pula oleh sarana prasarana berupa 1 ruang laboratorium bahasa, 3 ruang laboratorium computer, sarana ibadah, sarana olahraga, perpustakaan, ruang belajar ber-AC yg dilengkapi pula dengan CCTV, sound system dan LCD proyektor di seluruh kelas. Semua sumber daya manusia dan berbagai fasilitas tersebut diharpkan mampu mencipgtakan suasana proses pembelajaran yang efektif, efisein, tepat guna, tepat waktu dan tepat sasaran.

Luas Tanah / Bangunan:3.790,05 m2 / 1.287 m2
Tahun Berdiri:Tahun 1994
Tahun Penegrian:Tahun 1997
Surat Keputusan:Nomor : 107 Tanggal 17 Maret 1997
Penerbit SK:Kementerian Agama RI
Akreditasi:A
No SK Akreditasi:268/BAP-S/M/DKI/2014 (2 Oktober 2014)


0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih